Minggu, 29 November 2015

In Class Training Program Coordinator Trainee Batch 2 PT. SAT



In Class Training Program Coordinator Trainee Batch 2 PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. 

Hari demi hari, detik demi detik telah saya lalui sampai pada hari ke-17 masa In Class Training Program Coordinator Trainee PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. dengan penuh semangat, hehe,,,,  ok guys langsung saja, kali ini saya dan kawan-kawan CT SAT mendapat tugas observasi ke DC (Distribution Center), DC Non Conveyor (gudang yang masih menggunakan sistem konvensional) yang terletak di Cileungsi dan DC Conveyor di Keradenan Bogor ( gudang yang sudah menggunakan sistem  atau alat-alat modern).
Sebelumnya kami dibagi menjadi 3 kelompok, pertama kali kami melakukan observasi ke DC  Cileungsi 1, disana kami belajar tentang proses pemesanan barang, penerimaan barang (Receiving), penyimpanan Barang (Godown), Picking, persiapan pengiriman barang (Issuing) dan Administrasi Receiving dan Issuing. Proses observasi berlangsung cukup lama, akan tetapi disana kami mendapat banyak pengetahuan, jujur aja nih, ini pertama kali saya masuk ke gudang secara langsung dan mengamati proses kerjanya, hehe. Di DC cileungsi 1 yang masih menggunakan sistem konvensional lebih banyak menggunakan tenaga manusia ketimbang peralatan modern, disana hanya ada Hand Pallet yang berfungsi untuk memindahkan barang-barang ke area tertentu yang masih digunakan secara manual, dan Forklift yang berfungsi untuk mengangkat barang ke dalam rak-rak yang sudah ditentukan. Kami melakukan observasi sampai sore hari. Setelah itu kami pulang ke mess dan langsung istirahat untuk menghilangkan rasa capek setelah seharian jalan-jalan di gudang.
Kesokan harinya kami bangun lebih awal dari biasanya karena akan melakukan perjalanan cukup jauh ke DC Bogor di daerah Keradenan Bogor, di mess kami antri untuk mandi,,, hehe. Setelah semuanya siap kami langsung meluncur ke kantor SAT Cileungsi untuk mengambil mobil si merah yang akan kami gunakan untuk perjalanan ke DC Keradenan Bogor, kemudian tancap gas deh kita berangkat menuju lokasi. Setelah sampai disana kami masuk ke kantor SAT terlebih dahulu untuk melaukan brifing, kemudian kami langsung ke DC, saat memasuki gudang DC saya melihat seisi ruangan sangat tersusun rapi, didalam gudang cukup bersih, dan peralatannya sudah menggunakan peralatan modern, kondisi ini sangat jauh berbeda dari DC di Cielungsi 1 yang masih menggunakan sistem konvensional. Di DC Keradenan Bogor SDM nya lebih sedikit karena sudah dibantu dengan peralatan modern sehingga tidak membutuhkan tenaga kerja sebanyak yang ada di DC konvensional. Kemudian kami bertemu dengan Managernya dan sempat berbincang-bincang beberapa saat, sampai kemudian kami memulai aktivitas observasi pertama di bagian administrasi receiving (penerimaan barang), kami mennggali informasi terkait proses bisnisnya, cukup banyak perbedaan dengan di DC konvensional.
Pengamatan kami lanjutkan ke bagian Receiving (penerimaan barang), disinilah dilakukan pengecekan terhadap fisik barang dengan cara random, kemudian setelah itu dikasih barcode. Kemudian barang di simpan ke transit area menggunakan Hand Pallet yang lebih modern, setelah itu dari transit area barang di pindahkan ke Godown (area penyimpanan) menggunakan forklift sesuai dengan barcode barang, kemudian kami mengunjungi tempat picking barang, untuk barang-barang seperti cokelat dan rokok di simpan di ruangan khusus. Proses picking barang sesuia dengan IPS (Initial Picking System) yang tertera di rak-rak penyimpanan. Barang-barang disiapkan dan disusun menggunakan container diatas conveyor pasif, setelah container terisi sesuia sengan permintaan kemudian container dipindahkan ke conveyor aktif yang berjalan otomatis mengantarkan container-container yang sudah terisi  menuju pos-pos selanjutnya.
Kami berjalan menuju tempat persiapan pengiriman, kami berhenti di pos-pos tempat container itu berhenti, disana para petugas mengelompokkan container berdasarkan inisial toko ke dalam sebuah trolly, setelah beres trolly yang berisi container itu dibawa ke area issuing untuk persiapan pengiriman untuk kemudian setelah beres semua persiapannya, barang-barang langsung dimasukkan ke dalam truk dan dikirim ke toko-toko yang sudah ditentukan. Kami melanjutkan pengamatan ke Administrasi Issuing untuk mengamati proses bisnis administrasi barang-barag yang dikirim ke toko. Kemudian kami melanjutkan ke bagian retur toko dan supplier, dan akhirnya beres juga kegiatan observasi di DC Keradenan Bogor. Setelah beres kami langsung bergegas meninggalkan DC menuju kantor SAT, disana kami tidak langsung pulang melainkan istirahat terlebih dahulu. Ada kejadian menarik di hari itu, yanag mana ada salah satu trainer kami yang bernama Pak Tio berulang tahun, kami di instruksikan sama trainer lain untuk mengerjai pak Tio dengan menghujani banyak pertanyaan, agar membuat dia kesal, hehehe,,,,, dan setelah cukup lama muncul deh kue kejutannya dan kami makan tuh kue bersama-sama,,, hehe… tidak lama setelah itu kami pun pulang ke mess.
Ketika di mess kami mengerjakan laporan hasil observasi, hari senin kami mempresentasikan hasil observasi kami, dan Alhamdulillah secara kelompok kami dinyatakan yang terbaik meskipun masih banyak kekurangan, hehe.
Pada hari selanjutnya seperti biasa kami diberikan beberapa materi tentang beberapa divisi yang ada di SAT yang berkaitan dengan pekerjaan kami nantinya diantaranya adalah Coorporate Cultur yang berkaitan dengan budaya kerja di SAT. Kemudian ada Building Development yang bertugas melaksanakan pembangunan/renovasi gerai Alfamart, mulai dari survey, pengukuran, pembuatan design dan gambar detail serta perhitungan RAB. Setalah itu ada Space Development yang mengurusi bagian indoor dan outdoor gerai alfamart, dilanjutkan dengan materi Technical Support Maintnance yang bertugas untuk melakukan support perawatan terhadap peralatan pendudkung yang terdapat dalam gerai Alfamart. Ok guys,,, sampai disini dulu yaaa,,, next saya akan berbagi pengalaman saya dalam program Coordinator Trainee SAT, sampai jumpa kembali, Terimakasih.     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar