Kamis, 12 November 2015

Pengalaman Seleksi CT di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. (AlfaMart)


 Selamat Pagi… Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya melamar pekerjaan di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. atau disingkat jadi (PT. SAT) yang lebih dikenal dengan nama Alfa Mart. kenapa saya pilih PT. SAT? itu karena PT. SAT ini merupakan salah satu perusahaan retail terbesar dan terbaik di Indonesia, yang saya rasa potensi saya akan lebih berkembang disana, kenapa? Karena PT. SAT adalah sebuah perusahaan besar, jadi apabila kita bekerja di perusahaan besar maka kita akan banyak kesempatan belajar mengenai hal-hal yang besar, salah satunya masalah-masalah yang akan kita hadapi tentunya akan lebih besar pula, nah apabila kita terbiasa mengatasi masalah-masalah yang besar akan membuat kita menjadi lebih berkembang.
Oke guys,,, sekarang saya akan menceritakan pengalaman saya dari awal melamar pekerjaan ke PT. SAT sampai saat ini,,, (saat menulis ini saya sedang mengikuti in class training hari ke 3).
Jadi begini,,, saya lulus kuliah di bulan April 2015, setelah itu mulai deh tuh saya mencari pekerjaan, yang pertama tujuan saya adalah melamar ke PT. SAT, cari-cari info lowongan belum ada, job fair pun belum ada, sampai akhirnya saya pun teringat teman seperjuangan saya yang kerja di PT. SAT, akhirnya saya datangin ke rumahnya malam-malam untuk mencari informasi lowongan pekerjaan di PT. SAT. pada malam itu dia masih belum tau lowongan apa saja yang sedang dibuka, saya disuruh datang kembali esok harinya, kemudian malamnya saya datang lagi kerumahnya dan kita mulai ngobrol-ngobrol mengenai lowongan pekerjaan di PT. SAT. saya langsung melamar di posisi CT (Coordinator Trainee).
Saya menunggu kabar selanjutnya, Setelah beberapa hari akhirnya ada kabar untuk ikut proses seleksi tes psikotes di kantor cabang SAT (Branch Bandung 1) yang terletah di daerah Cisaranten Gede Bage pada tanggal 28 Mei 2015 (2 minggu setelah saya melamar). Setelah menunggu 2 minggu, akhirnya waktu psikotes tiba, saya berangkat dari rumah pagi-pagi sekali karena jarak dari rumah saya ke kantor SAT cukup jauh, sekitar 1 jam. Setelah sampai di kantor SAT banyak juga peserta yang ikut seleksi tes psikotes sekitar 100 orng, itu di satuain sama yang melamar di posisi MT juga. Sebelum tes dimulai tim recruitment menjelaskan terlebih dahulu tentang program CT (Coordinator Trainee), jujur aja saya baru denger istilah itu, tapi setelah dijelaskan panjang lebar bahwa CT (Coordinator Trainee) adalah sebuah program akselerasi yang dipersiapkan oleh perusahaan untuk Area Coordinator dan sebagai calon leader di masa depan hanya dalam waktu 1 tahun, satu tahun berikutnya adalah ikatan dinas, dan setelah ikatan dinas langsung diangkat jadi pegawai tetap, nah setelah mendengarkan penjelasan itu saya semakin yakin untuk bisa diterima kerja di SAT.
Proses Psikotes lumayan lama juga, setelah selesai kemudian langsung diumumkan hasilnya, dari sekian banyak peserta, ada sekitar 70 orang yang lolos termasuk saya (terdiri dari peserta CT, MT dan karyawan toko). Kemudian langsung dilanjutkan tes toefle (untuk posisi CT dan MT), dan akhinya saya lolos juga, kemudian langsung interview HRD, lumayan lama juga nih menunggu giliran interview karena banyaknya peserta. Setelah sekian lama menunggu akhirnya giliran saya (sekitar jam 5 sore), waktu itu yang menginterview saya adalah Ibu Pretty, saya ditanya tentang profil diri, tau lowogan SAT dari mana, kegiatan sehari-hari apa, alasan melamar ke SAT, pengalaman organisasi, apa saja yang dilakukan ketika menjabat di organisasi, dan banyak lagi pokoknya, sekitar 30 menit interviewnya. Kemudian setelah itu katanya akan dikabarin lagi dalam 2 minggu.
Satu bulan berlalu setelah interview HRD masih belum ada kabar juga, akhirnya saya simpulkan bahwa saya gak lolos tuh. Akhirnya saya mencoba lagi melamar kesana kemari, setelah beberapa bulan, saya dapat telpon dari SAT untuk interview USER pada tanggal 26 Agustus 2015, gak nyangka banget, soalnya udah lama juga kan. Pada waktu interview USER cuma ada sekitar 11 orang yang barengan sama saya, interviewnya gak lama kok, Cuma 10 menit doang, Cuma menceritakan profil diri, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, udah deh, tapi yang unik interview nya pake skype, video call gitu, hehe…. Setelah itu, seperti biasa tim recruitment bilang akan dikabari lagi secepatnya, tapi sudah 1 bulan masih belum ada panggilan juga, saya sudah mulai hampir putus asa tuh,,, akhirnya dipertengahan bulan oktober saya dapat telpon dari SAT untuk mengikuti Medical Check Up pada hari jumat tanggal 23 Oktober 2015, pada saat itu saya dikasih tau mengenai program CT yang akan saya lalui secara lebih detail . Ketika medical check up ane terkejut juga karena gak ada satu pun peserta tes yang dari awal bareng sama saya yang lolos, Cuma saya aja, yang lainnya adalah yang melamar di job fair bulan September.
Gak lama setelah medcheck akhirnya saya di telpon dan diberi kabar bahwa saya lolos medcheck dan diundang untuk penandatanganan kontrak di cileungsi pada tanggal 6 November 2015, waktu di telpon saya dijelaskan apa saja yang harus dibawa ketika penandatanganan kontrak. Sore hari saya mendapat email dari SAT tentang pemberitahuan lolos seleksi dan undangan penandatanganan kontrak, disana dilampirkan juga data pesertanya, nah saya hubungi aja tu peserta yang dari bandung, biar ada teman untuk berangkat menuju Cileungsi, kemudian kita berkumpul di sebuah maal di bandung, dan akhirnya kami memutuskan untuk merental mobil dengan perhitungan lebih irit dari pada naik mobil umum, ada 7 orang berangkat yang dari bandung.
Kami mulai berangkat hari jum’at shubuh dan sampai tujuan tepat waktu, proses penandatanganan kontrak dibuka oleh GM SAT langsung dan juga BM, disana dijelaskan tentang program yang akan dijalani, uang saku, dan lain sebagainya. Setelah itu kami kembali ke bandung dan pada hari senin kami berangkat dari bandung menuju mess di cileungsi, kami menggunakan motor ke cileungsi, seru banget pokoknya di perjalanan, hee
Sampai di mess kita istirahat, di mes ada 12 tempat tidur, pas banget soalnya peserta CT nya ada 12 orng, selain tempat tidur ada juga fasilitas lain seperti TV, dispenser, pedingin ruangan, dll,,, pokoknya enak banget deh,,, hee
Tiba saatnya hari pertama kita masuk (1 bulan in class training), udah kayak kuliah lagi deh,, heee… selama in class training kita akan diberikan materi-materi mengenai seluk beluk tentang SAT, profile perusahaan, mempelajari berberapa divisi yang ada di SAT, dll…  seruu banget pokoknya, apalagi selama in class training kita dapat snack dan makan siang, enak banget kan hehe…. “Kami adalah CT 39..!!!!”. Sudah dulu yaaa,,,, nanti kalo ada waktu saya akan ceritakan kembali tentang pengalaman saya di PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. atau lebih dikenal dengan Alfa Mart. Terima kasih guys. “Kami Senang Melayani Anda”.

36 komentar:

  1. Psikotest, toefl, dan interview HRD hanya dilakukan dlm 1 hari? Kebetulan saya dpt undangan psikotes tp tdk menyebutkan utk tes toefl dan interview HRD.

    BalasHapus
  2. Psikotest, toefl, dan interview HRD hanya dilakukan dlm 1 hari? Kebetulan saya dpt undangan psikotes tp tdk menyebutkan utk tes toefl dan interview HRD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya untuk psikotes, toefl, intrview HRD dlm 1 hari, ud gt tinggal nunggu interview USER

      Hapus
  3. Terimakasih cerita nya lumayan menarik. Alhamdulilah besok senin tgl 06 Juni 2016 saya suruh datang untuk Training di Alfamart Palembang, semoga saya bisa melewati masa training sampe tahap akhir tahap tanda tangan kontrak. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada tahap trainingnya masih ada yang digugurkan yah?

      Hapus
  4. Sama2... semoga sukses dan nyaman yaaa,,,
    Btw, buat posisi apa nih?

    BalasHapus
  5. Sama2... semoga sukses dan nyaman yaaa,,,
    Btw, buat posisi apa nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Aku mau Nanya Dong??
      Saat Training Apakah Masih Ada Sistem Gugur ?

      Hapus
  6. mas apakah ct hanya untuk cowo saja?

    BalasHapus
  7. wahh beraarti bisa seharian full ya untuk tahap psikotes, hmm.. kebetulan saya akan mengikuti psikotes nanti di hari Kamis, 4 agustus, berarti persiapannya bisa seharian ya..
    makasi ya info nya :)

    BalasHapus
  8. wh lama juga nunggunya

    BalasHapus
  9. Saya sudah nyampe interviw hrd dan kta hrd nugu 2 minggu tpi ko ngk ada kbr berarti sya ngk lolos dong..

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Sya udha nyampe tahap interview hrd dan kata hrd suruh nugu 2 minggu ini udha 2 minggu berati ngk lolos yah..kira2 msh ada harapan ngk untuk lolos..

    BalasHapus
  12. CT itu diatasnya SLDP kan? Saya ikut seleksi SLDP minggu lalu, alhamdulillahnya saya udh sampe interview hrd, waktu saya tny katanya disuruh nunggu 2 minggu. Tp dr cerita agan kok sampe berbulan" ya? Apa memang lama ya? Disini ada yg pernah ikut tes SLDP gk?

    BalasHapus
  13. CT itu diatasnya SLDP kan? Saya ikut seleksi SLDP minggu lalu, alhamdulillahnya saya udh sampe interview hrd, waktu saya tny katanya disuruh nunggu 2 minggu. Tp dr cerita agan kok sampe berbulan" ya? Apa memang lama ya? Disini ada yg pernah ikut tes SLDP gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru mau ikut nih mas, tes sldp tentang apa ya mas biasanya?

      Hapus
  14. CT itu diatasnya SLDP kan? Saya ikut seleksi SLDP minggu lalu, alhamdulillahnya saya udh sampe interview hrd, waktu saya tny katanya disuruh nunggu 2 minggu. Tp dr cerita agan kok sampe berbulan" ya? Apa memang lama ya? Disini ada yg pernah ikut tes SLDP gk?

    BalasHapus
  15. Halo mas bayu, kalo boleh tau pas seleksi diukur minimal tingginya gak ya untuk pekerjaan kayak MT atau back office? Terimakasih :)

    BalasHapus
  16. Halo mas bayu, kalo boleh tau pas seleksi diukur minimal tingginya gak ya untuk pekerjaan kayak MT atau back office? Terimakasih :)

    BalasHapus
  17. Selama di training ada ujian seperti kuliahnya kah?

    BalasHapus
  18. Pengalaman pencarian kerja yang sangat mengesankan, saya juga pernah mengalami masa-masa seperti itu sehingga melahirkan sebuah blog tentang tes kerja. simak disini: Contoh soal psikotes lengkap dengan jawabannya

    BalasHapus
  19. mas gaji accounting kira kira brapa ya? thnx barakallah

    BalasHapus
  20. Kalo medical checkup di periksanya apa aja gan?

    BalasHapus
  21. Saya merasa terzolimi mengikuti test di alfa mart. Tepat nya hari ini saya mengikuti test di cileungsi, masa iya baru juga selesai ujian psikotest dan hasil nya pun baru saja di kumpulkan bahkan belum di periksa oleh petugas nya ehhhh hasil yg lulus dan tidak nya sudah keluar. Kan lucu banget yaa dari awal dateng juga udah aneh sihhh nomor peserta kaya udah di seting gitu, petugas ngasih kita no ujian tapi ngk sesuai urutan nya, (tidak sesuai). Pokok nya parah dehh,, kalau memang mau nipu yg pinteran dikit kek biar yg ketipu ngak sakit hati banget, saya capek-capek dateng ke cileungsi hanya untuk ikutan ujian fiktif alias cuman jadi figura. Sialan banget, jadi ilfeel sama alfamart jdi mlz buat belanja ke alfamart nya juga, ngk nyangka orang dalem alfamart pada ngk punya hati.

    BalasHapus
  22. Saya udah jalan 4hari traning in class + 1hari ojt, diancam OT sama trainernya,gara2 merokok, padahal sudah dijelaskan sama trainer 1nya tentang peraturan traning "boleh merokok asal jangan pake sragam/ sragam ditutupi jaket, dan tidak pas jam traning, padahal,saya merokok di jam setengah 6pagi(sebelum traning in class dimulai) dan memakai jaket,itupun diluar kawasan PT, tau2 dipanggil salah satu trainer nya,dan akhirnya saya diancam OT, dia bilang "jangan berharap saya luluskan pas mau ttd kontrak"
    Padahal saya sudah modal 600rb lebih buat beli perlengkalan traning,
    Pertanyaan saya ,jika tidak diluluskan, kok tega ya? Saya jg sudah mengikuti aturan jika merokok harus ini itu, pdhl niatan saya kerja ingin lanjutin kuliah saya, malah di kerjain keluar modal banyak, tabungan untuk kuliah malah keambil gara2 beli perlengkapan traning :( (sedikit curhat)

    BalasHapus
  23. Anak saya melamar dibalfa mart Cipulir atas info dari temannya.disitu mengikuti test 3 tahap dan dinyatakan lulus sedangkan temannya yang bareng dengan anak saya tidak lulus..setelah itu anak saya mempersiapkan syarat syaratnya untuk pemberkasan di gudang Alfa Parung Bogor..dari mulai SKCK,Surat keterangan berbadan sehat dari dokter ,sampai buka tabungan BCA sebagai syaratnya ...setelah ke gudang Alfa ..disana kira kira 3 jam ..anak saya disuruh menunggu panggilan untuk training sekitar 2 Minggu..tapi sudah 2 bulan sampai sekarang tidak ada kabar dari Alfa .yang saya heran kan mengapa sudah diharuskan membuka tabungan BCA seolah olah sudah akan diterima bekerja.seharusnya jangan hanya diberi janji janji yang tidak pasti seperti itu.kasian anak saya ..sungguh sangat mengecewakan

    BalasHapus
  24. Klo pernah kerja di alfa bisa ga si keterima di alfa lagi kalo kita ngelamar tolong donk jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya sih habisan kak, kenapa gak coba ke tetangganya aja kak Indomaret ?

      Hapus
  25. Klo pernah kerja di alfa bisa ga si keterima di alfa lagi kalo kita ngelamar tolong donk jawabannya

    BalasHapus
  26. Saya jumat tgl 14 juni 2019 dpt undangan psikotes d alfa cabang tanjung morawa medan...
    Utk pengambilan staff finance...
    kira" -kira psikotes itu ntar kita d suruh ngapain aja y

    BalasHapus